7 Kandidat Capres Demokrat Kompak Sebut Trump Koruptor 7 Kandidat Capres Demokrat Kompak Sebut Trump Koruptor - Kabar Korupsi - Berita Aktual, Tajam & Terpercaya

Iklan Semua Halaman

7 Kandidat Capres Demokrat Kompak Sebut Trump Koruptor

KabarKorupsi.Com
Sabtu, 21 Desember 2019
7 kandidat capres dari kubu Demokrta dalam debat Kamis malam (19/12/2019). (Foto: Twitter Politico) 

AMERIKA SERIKAT, KabarKorupsi.Com - Tujuh politisi Demokrat yang akan bersaing merebutkan kursi calon presiden dalam Pilpres AS 2020 mengadakan debat terbuka Kamis (19/12/2019). Dalam debat yang diadakan Politico dan PBS ini, ketujuh kandidat kompakan menyebut Presiden AS Donald Trump sebagai koruptor dan pantas dimakzulkan.

Semua calon penantang Trump yang sedang berupaya mendapatkan nominasi Partai Demokrat dalam pemilu presiden tahun depan mengatakan mereka mendukung dua pasal pemakzulan.

“Kita perlu mengembalikan kewibawaan seorang presiden,” ujar mantan Wakil Presiden Joe Biden, yang masih menduduki posisi teratas dalam poling popularitas.

Senator dari negara bagian Vermont, Bernie Sanders, yang juga dikenal sebagai tokoh sosialis-demokratis dan dalam beberapa jajak pendapat digambarkan sebagai unggulan kedua setelah Biden, menyebut Trump sebagai “pembohong patologis” yang “telah menyia-nyiakan semangat dan usaha jujur warga AS yang bekerja keras untuk negara."

Dikutip Reuters, Senator Elizabeth Warren dari negara bagian Massachussetts menggambarkan Trump sebagai “presiden paling korup abad ini.” dikutip dari rakyat merdeka.

Sementara, Senator Amy Klobuchar dari negara bagian Minnesota menegaskan bahwa “di Amerika, presiden bukan raja.”

Dia bahkan menyamakan tindakan Trump, yang memaksa Ukraina melakukan penyidikan atas Joe dan Hunter Biden, dengan skandal Watergate yang menyeret Presiden Richard Nixon.

Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, mengatakan Trump telah menjelaskan bahwa ia tidak akan berhenti supaya tetap berkuasa. Pengusaha Andrew Yang menyebut Trump tidak cocok memimpin AS karena menganggap Paman Sam sebagai bagian dari bisnis "yang bisa kapan saja digadai."

Pebisnis Tom Steyer berharap anggota Senat AS bisa berpikir jernih dan tidak termakan kebohongan yang dilontarkan Trump.

Ketujuh kandidat capres Partai Demokrat yang berdebat di panggung debat Universitas Loyola Marimount di Los Angeles itu berulangkali menyerang Trump sebagai presiden yang gagal, dan hanya sesekali saling serang gagasan kandidat lain.

Debat kali ini merupakan debat kepresidenan keenam. Enam pekan lagi, kaukus di Iowa akan dimulai.

Editor: Redaksi

Baca Juga